Arti Warna Dalam Desain
Merah
merah acapkali dihubungkan dengan energi, perang, bahaya, kekuatan, tekad yang kuat, impian, dan cinta.
Merah merupakan warna yang mempunyai unsur emosional yang kuat.
Warna ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh manusia, menaikkan pernapasan, dan mempertinggi tekanan darah.
Rona ini sangat mudah dicermati dan mengalihkan perhatian, itulah kenapa warna ini tak jarang dipergunakan menjadi tanda-tanda rambu lalu lintas, tanda embargo, serta tanda pemadaman kebakaran banyak yang berwarna merah.
Dalam ilmu kelambangan, merah sering diindikasikan dengan keberanian. Sehingga wajar warna ini ada di banyak bendera negara-negara.
merah acapkali dihubungkan dengan tenaga, perang, bahaya, kekuatan, tekad yang kuat, cita-cita, serta cinta.
Merah merupakan warna yang memiliki unsur emosional yang kuat.
Warna ini dapat menaikkan metabolisme tubuh manusia, menaikkan pernapasan, serta meningkatkan tekanan darah.
Warna merah dapat membuat sebuah objek terlihat sangat kentara (eyecatching). Ini cocok untuk dipergunakan sebagai warna untuk ‘beli sekarang’ atau ‘klik disini’.
Pada dunia periklanan, rona merah seringkali menimbulkan kesan ‘erotis’ (bibir merah, kuku bewarna merah, dll).
Merah juga tak jarang diindikasikan menjadi bahaya (pertanda tegangan tinggi, rambu kemudian lintas, dll).
Merah juga seringkali dihubungkan menggunakan energi, sehingga kita dapat menggunakan warna ini buat mempromosikan minuman berenergi, permainan, mobil, hal-hal yang berhubungan menggunakan olahraga dan aktifitas fisik lainnya.
Merah muda
Merah Muda melambangkan kegirangan, seksualitas, asa, sensitifitas, dan cinta. Seringkali dihubungkan dengan hal-hal berbau feminim.
Merah tua
Merah gelap melambangkan kegeraman, kedengkian,kemarahan, kemurkaan, kepemimpinan, keberanian, keinginan, energi, serta ketekunan.
Warna coklat melambangkan stabilitas serta tak jarang dihubungkan menggunakan hal-hal berbau kejantanan atau maskulin.
Warna coklat kemerah-merahan seringkali dihubungkan menggunakan trend panen serta gugur.
Kuning
Kuning melambangkan mataharim terbit.
Seringkali dihubungkan dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai , serta energi.
Kuning membuat dampak hangat, membangkitkan kegembiraan, merangsang aktifitas mental, dan membangkitkan energi.
Rona kuning yang cerah juga ialah rona ‘penyerap perhatian’, itulah sebabnya warna kuning banyak digunakan menjadi warna angkutan umum dan taksi.
kuning merupakan warnah yang cerah, sebagai akibatnya akan kalah bila dipasangkan dengan putih. Jadi kuning sabaiknya dipasangkan dengan warna yang lebih gelap.
Arti Warna Dalam Desain
Kuning jua tak jarang dihubungkan dengan nada peringatan. Dalam ilmu kelambangan, kuning diindikasikan dengan kehormatan serta kesetiaan.
Pada sebagian kasus, kuning pula seringkali dihubungkan menggunakan perasaan kecut hati/pengecut.
Gunakan warna kuning buat menimbulkan rasa suka , serta bahagia. Kita bisa memilih rona kuning buat mempromosikan produk anak-anak.
Selain merah, warna kuning ini jua sangat efektif buat menarik perhatian, jadi gunakanlah warna ini buat menyoroti elemen-elemen penting dalam desain kita.
Bagi seseorang laki-laki , warna kuning merupakan warna yg lembut, serta kekanak-kanakan, jadi tidak direkomendasi pada mempromosikan produk-produk maskulin pria –jas atau kacamata berwarna kuning.
Kuning juga melambangkan spontanitas, jadi hindari penggunaannya Jika anda ingin melambangkan stabilitas serta keamanan.
Kuning kecokelatan melambangkan kebusukan, kerusakan, penyakit serta rasa cemburu.
Kuning muda seringkali dihubungkan dengan intelek, kesegaran, dan kegembiraan.
Jingga orange
Warna jingga merupakan kombinasi tenaga dari warna merah serta kegembiraan berasal warna kuning.
Warna jingga mengambarkan daya tarik, kegembiraan, antusias, kreatifitas, kebulatan tekad, perhatian, sukses, dorongan, dan perangsang.
Jingga merupakan warna yang bersemangat, sebagai akibatnya warna ini memberikan pengaruh sensasi yang ‘hangat’. Tetapi, jingga tidak seagresif warna merah.
Warna jingga menaikkan suplai oxigen pada otak, dan menghasilkan impak kesegaran, serta menstimulasi aktifitas mental.
Rona ini sangat cocok dengan kaum muda. Sebab jingga ialah warna jeruk, ini seringkali dihubungkan dengan kuliner sehat serta nafsu makan.
Rona jingga jua merupakan warna ekspresi dominan gugur serta musim panen. Dalam ilmu kelambangan, rona jingga ialah simbol kekuatan dan daya tahan.
Rona jingga pula sangat praktis menarik perhatian, sebagai akibatnya kita bisa menggunakannya untuk menarik perhatian dari elemen-elemen penting dalam desain kita.
Warna jingga sangat efektif pada mempromosikan produk kuliner dan mainan.
Jingga tua bisa berarti ketidak-percayaan dan kebohongan.
Jingga kemerahan melambangkan impian, seksualitas, ketenangan, penguasaan, dan penyerangan.
Emas melambangkan rasa wibawa dan martabat. Rona emas juga berarti penerangan, kerajaan, serta kekayaan. Warna emas acapkali disimbolkan dengan ‘kualitas tinggi’.
Biru
Biru merupakan warna langit serta lautan. Warna ini sering dihubungkan menggunakan kedalaman dan stabilitas.
Biru meberi arti kepercayaan , kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, kepercayaan, kebenaran, serta surga .
Biru dirasa bisa berguna buat pikiran serta tubuh manusia.
Warna ini dapat memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek kenyamanan.
Biru seringkali dihubungkan menggunakan kedamaian serta kenyamanan.
Pada ilmu kelambangan, rona biru digunakan buat melambangkan kesalehan dan ketulusan hati.
Warna biru untuk mempromosikan produk dan jasa yang berhubungan dengan kebersihan (penyaringan air, pembersih cairan), udara dan langit (penerbangan, bandara, ac), air dan samudera (pelayaran, air mineral).
Kebalikan dari ‘kehangatan’ yang terdapat pada warna merah, kuning, jingga; rona biru ini seringkali dihubungkan menggunakan pencerahan serta akal budi.
Warna biru melambangkan kecermatan saat mempromosikan produk-produk sophisticated.
Rona biru ialah rona maskulin. Berdasarkan penelitian, warna biru adalah warna yg paling diterima oleh lelaki.
Hindari penggunaan warna biru ketika mempromosikan kuliner serta kuliner, karena rona biru akan mengurangi rasa napsu makan.
Waktu biru dipadukan dengan warna hangat seperti kuning dan merah, warna biru dapat melambangkan pengaruh yg besar , serta rasa semangat. Menjadi contoh, biru-kuning-merah ialah paduan warna yang pas buat melambangkan ‘superhero’.
Biru muda
Biru muda melambangkan penyembuhan, kesehatan, kedamaian, pengetahuan, serta kelembutan.
Biru tua
Biru tua melambangkan pengetahuan, kekuatan, integritas, dan keseriusan
Hijau
Hijau merupakan warna alam. Warna ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesejukan, serta kesuburan.
Hijau secara emosional dapat berarti keamanan. Warna hijau tua acapkali dihubungkan dengan uang.
Pada ilmu kelambangan, hijau melambangkan pertumbuhan dan harapan.
Hijau merupakan kebalikan merah pada rambu lalu lintas.
Pakai hijau buat menandakan keamanan waktu mempromosikan obat-obatan dan produk medis lainnya.
Hijau dihubungkan dengan alam, jadi baikuntuk mempromosikan produk-produk ‘hijau’.
Hijau tua
Hijau tua acapkali dihubungkan memakai uang, finansial, bank, ambisi, ketamakan, serta kecemburuan.
Hijau kekuningan melambangkan kecut hati, penyakit, perselisihan, dan kecemburuan.
Hijau olive
Hijau olive melambangkan kedamaian.
Hijau aqua melambangkan emosi penyembuhan, serta perlindungan
Ungu
Warna ungu menggabungkan stabilitas berasal Biru serta energi dari warna merah.
Ungu dihubungkan memakai keturunan raja. Ungu melambangkan kekuatan, bangsawan, kemewahan, dan ambisi. Ungu dapat berarti kekayaan serta keroyalan.
Warna ungu jua dihubungkan dengan kebijaksanaan, martabat, kemerdekaan, kreatifitas, rahasia, serta sihir.
Ungu pula sangat sporadis ditemui pada dalam alam. Sebagai akibatnya ungu juga melambangkan ‘sintesis manusia’ bukan ‘sintesis alam’.
Ungu muda
Ungu muda melambangkan rasa romantis, serta nostalgia. Ungu muda merupakan pilihan yg indah buat desain feminim. Kita juga mampu memakai rona ini buat mempromosikan produk-produk remaja belia dan anak-anak.
Ungu tua melambangkan kesuraman serta kesedihan. Rona ini bisa mengakibatkan perasaan frustasi.
Hitam
Warna hitam melambangkan kekuatan, elegan, formalitas/program resmi, kejahatan, serta misteri.
Hitam merupakan warna misterius yang dihubungkan dengan ketakutan serta ketidaktahuan.
Hitam umumnya punya makna konotasi negatif. Tapi Hitam merupakan kekuatan dan kekuasaan; warna ini sering digunakan buat memberikan kesan formal, elegan, serta bergensi (sepatu kulit hitam, dasi hitam, mercedes hitam, kacamata hitam).
Pada ilmu kelambangan, warna hitam melambangkan dukacita.
Gaun ataupun jas hitam bisa membuat seorang terlihat lebih ramping.
Saat kita mendesain sebuah gallery karya fotografi, kita bisa memakai hitam ataupun abu-abu menjadi warna latar buat menghasilkan rona lainnya (berasal foto) terlihat jelas.
Rona hitam sangat cocok menggunakan rona-warna cerah.
Putih
Warna putih seringkali dihubungkan kebaikan, kemurnian, kesucian, serta keperawanan.
Rona ini disarankan menjadi rona ‘kesempurnaan’.
Warna putih berarti safety, murni, dan bersih. Sebagai kebalikan dari warna hitam, putih umumnya mempunyai makna konotasi yg positif. Rona putih mampu melambangkan keberhasilan. Di ilmu
Rona putih bisa melambangkan keberhasilan.
Di ilmu kelambangan, putih melambangkan kepercayaan serta kemurnian.
Pada global periklanan, acapkali dihubungkan dengan kesegaran dan kebersihan karena putih adalah warna salju.
Kita bisa menggunakan putih untuk melambangkan sifat simple pada sebuah produk
Putih sangat cocok menggunakan organisasi kemanusiaan. Malaikat juga biasanya diimajinasikan memakai pakaian bewarna putih.
Rona putih jua dihubungkan menggunakan rumah sakit, dokter, serta steril. Jadi kita mampu menggunakan rona putih buat melambangkan keamanan saat mempromosikan produk-produk medis.
Warna putih tak jarang juga dihubungkan menggunakan beban yang ringan, kuliner rendah lemak, dan makanan berbahan susu.